Thursday, January 24, 2008

Usia Kronologis vs Usia Fisik

Akhirnya bisa nulis lagi di bulan pertama tahun ini. Jujur aja, ada sedikit perasaan malas ngebuka kompie. Terus, emang kesibukan mendera terus, kali kalo diitung-itung setiap hari bisa jalan lebih dari 20 km. Tapi, walau udah sangat, sangat, sangat terlambat, selamat tahun baru 2008. Harapan kita semua supaya tahun ini Tuhan mengaruni kita kebaikan kebijaksanaan menghadapi zaman semakin sulit.


Kalo suatu saat kita bisa kopdar, kebany orang nggak mengira kita mulai mengalami penurunan. paling berasa tuh kemampuan melihat. Udah agak lama sih sebenernya, tapi baru belakangan ini berasanya. Jadi, kalo kita kerja dengan membaca, memakai kompie or ngirim sms, kita udah musti pake kacamata baca. Beberapa kali sehabis kegiatan mata memata, kita tergesa-gesa menjemput Jessie, nggak asadr kalo masih pake kacamata baca. Setelah Jessie memberi tahu bahwa kita pake kacamata baca baru sadar. Payahnya, kalo kita pake kacamata jauh rasanya gelap nggak nyaman untuk melihat.


Jadi, malam kita menemui Prof Wasisdi di RS Dr Yap. Dua puluh satu tahun di Yogya, baru kemaren malem masuk ke sana. Itu aja karena ada rekomendasi dokter dari Bang TJ Situmorang. Kalo nggak, pasti kita udah ke Dr. Mutazimbillahgozhi. Dapet deh, resepnya, langsung kita bikinin lensa progresif, biar gak usah gonta- ganti kacamata. Tapi hasilnya itu mengezutkan, +1,75. Lhah, mungkin kan orang umur 47 tuh + 1, 75.


Jadi, usia fisikku lebih tua 5 tahun dari usia kronologis. Hih, ngeri deh. Mudah- mudahan tekadku untuk ikut renang setiap kali Jessie les renang bisa terwujud. Lhah, cuman itu olahraga kita nggak perlu atur kala lagi.


Kita jadi bertanya-tanya dampak perbedaan itu apa. Jangan-jangan persepsinya udah kayak nenek-nenek. Kita jadi inget pernah ngomong gini sama temenku bilang dia udah mulai tua, “Getting old is common, but your spirit has to stay young.” Mudah-mudahan!

No comments:

Post a Comment

Search This Blog