Tuesday, March 18, 2008

Berjuta Tanya

Tadi pagi kita kelimpungan ke sana ke mari dalam rangka orderan kaos. Nah, pas kita abis dari tempat supplier kaos, di jalan kita melihat sesosok tubuh rasa-rasanya tak asing lagi. Kita deketin pelan-pelan, ternyata betul itu si pak tua sering kita temui di gereja.


“Oom. Ini Mariani. Ayo naek yuk, sama-sama aja.”

“Lho, kamu dari mana, koq bisa nyampe sini?” (daerah itu emang jauh banget, kayak tempat jin buang anak, saking jauhnya)

“Iya, abis ambil kain. Oom darimana?”

“Kita kan bikin peyeknya di sini, di tempat pembantuku.”

Lalu kita dia ngobrol sambil kita anterin dia pulang. Ceritalah dia kalo dia ditipu orang saat menjual rumahnya. Sekarang masih nempatin rumah itu, tapi nggak tau nasibnya gimana.


Aduh, kita jadi ngenes. Emang sih, kita sering liat dia entah kenapa kita merasa ada menarikku supaya sedapat mungkin mengajaknya bicara. Pertama kali dia ngasih kartu nama, sejak itu kita mengenal namanya. Lalu dia minta kita maen ke rumahnya, kala itu istrinya udah meninggal. Karena kesibukanku bejibun, dia sedikit terabaikan, alias kalo ketemu hanya selambaian senyum, nggak ngobrol.


Beberapa kali sempet juga sih ngobrol, tapi nggak sampe dalem karena keterbatasan waktu. Anaknya cuma satu, beberapa taon di atasku. Jadi, untuk mengisi kala dia ke luar kota saban minggu untuk masarin peyeknya. Mungkin gara-gara kecanduan chicken soup sejenisnya, kita jadi gampang trenyuh kalo liat orang-orang seperti ini.


Ke mana dia mau menumpahkan isi hatinya? Logikanya sih kudunya sama anaknya, tapi anak zaman sekarang kan bukan hanya ngurusin ortunya aja, juga musti urus keluarganya sendiri? Gimana kalo ada apa-apa sama tubuh tua rentanya? Siapa menolongnya di jalan? Gimana kalo dia lapar tapi gak ada uang gak ada orang dikenalnya? Siapa mengingatkannya untuk menjaga kesehatan? Gimana kalo dia kangen anak cucunya? masih banyak Tanya kadang-kadang suddenly muncul di hadapanku kalo kita ketemu beliau.


Kalo udah gini, rasa-rasanya rumah jompo jadi jawaban tepat. kita maksud bukan rumah jompo untuk orang tua udah nggak bisa apa-apa lagi, tinggal tunggu waktu. Tapi, rumah jompo untuk orang tua masih beraktivitas kayak pak tua itu. Kan mendingan gitu daripada diem-diem tau-tau pikun. Mungkin di rumah itu disedi permainan, klub maen kartu, klub berkebun, klub membuat kompos, or sejenisnya. penting bisa curhat, terawat, hidup teratur, pikiran anak juga tenang. Hari Minggu tinggal diajak jalan-jalan or anak cucu ngendon di suitenya untuk ngobrol ngalor ngidul.


Simple nggak? Simpel banget, simpelnya seduniaaa.., tapi it takes a huge amount of money! Boleh ngitung sendiri sampe sedetil-detilnya lihat jumlahnya. Cara sederhana kepikir sama kita kalo nemuin orang- orang tua begini adalah mengajaknya bicara. Dengerin aja apa mereka sampaikan, nanti perasaannya bisa agak sedikit lega. Waktunya? Ya memanfaatkan sebaik mungkin kesempatan muncul begitu ketemu mereka. Abis, mau gimana lagi? Nonsens lhah kalo mau mengunjungi. O iya, satu lagi, mengingat mereka di dalam doa-doa kita panjatkan. Sometimes they really need a support in facing life’s difficulties. We can do it by praying for them.

No comments:

Post a Comment

Search This Blog