Monday, March 10, 2008

Friendship

Heran deh, beberapa hari ini semuanya kayak berhubungan dengan teman, temin, sahabat, sobat, sohib, sejenisnya. Baru hari Minggu kemaren kita posting tentang remembering friends. Pagi tadi, kala semangat kerja mulai muncul lagi, tiba-tiba datang sms dari Engeline. Dia ini sahabat lama. Kami jarang banget ketemu. Walaupun dia sering travel ke kantor cabangnya di Yogya, tapi karena padatnya acara, kita tetep nggak bisa ketemuan. Terus juga jarang telepon-teleponan. Salah-salah dia lagi meeting ato kita lagi ngajarin anak, wah…. Itu sih lagi tegangan tinggi, ha…ha…ha…! Kalo kita ada pergumulan berat aja, bisa langsung keinget dia. Curhatnya abis-abisan. Maklum, sama-sama libra nih, jadi kayak botol ketemu tutupnya.


Begini bunyi smsnya: Do you know the relation between your 2 eyes? They blink together, move together, cry together, see things together and sleep together. Though they never see each other, friendship should be just like that. Life is tough without friends. It’s WORLD’S BEST FRIEND week. Thx for being a dear friend of mine.

Cantik kan kata-katanya? Misukita aja langsung masukin sms ini ke hp nya, padahal jarang-jarang dia tersentuh ama namanya kutipan- kutipan, he…he…he… Mungkin juga karena kirim ini sahabat kami berdua. Dari zaman susah payah naek motor ujan-ujanan dianterin kuliah sampe sekarang.

Kita jadi tergoda ngeliat-liat kata friendship. Lucu ya, ada kata friend ship di sana. Apa kalo naek kapal itu butuh kekomp kesehatian ya supaya jalannya kapal kagak oleng tenggelam, begitu juga persahabatan? Nggak lucu kan kalo sahabat cuma maunya nerima aja? Kan perlu ada take and give? Kalo sahabatan nggak sehati yah jadinya kocar- kacir. Pura-pura aja seneng, tapi nusuk dari belakang. Kalo sahabatan nggak kompak, gimana mau nangkis omongan orang nggak-nggak? Tapi di atas semua itu sahabatan berarti tampil apa adanya. Gimana sih dua orang mengendalikan diri jaim abis? Bisa-bisa tuh kapal bukannya jalan malah tebalik. Justru sahabat paling tau saat kita down ato saat dilanda kegembiraan. Sahabat tuh paling ngerti gimana kalo mata kita bengkak karena nangis, bukan terpesona kala kita berdan cantik manis. Sahabat juga paling tau baju butut kesayangan kita, bukan taunya cuman baju-baju kita oke-oke. Dan, paling nakutin tapi sangat perlu kehadiran sahabat adalah kala kita marah! Bener gak sih? Kita sih paling bahaya kalo lagi marah anteng, kalo pas meledak-ledak sih biasa. Kalo marah anteng itu bisa membinas orang. Maklum, kekancan sama orang alus dari kedokteran hewan. Jadi walau bunyinya kita cekik, tapi diucapkan dengan tersenyum, Ngeri nggak? Nah, di situ tuh perlu kehadiran sahabat, supaya kita nggak kebablasan.

Gampang nggak sih jadi sahabat? Gampang bin sipil kalo kita cuman maunya ketiban untung. Gape deh kalo sahabatan cuman buat seneng-seneng. Kalo jadi sahabat di kala suka duka itu sussyyyahhh. Jujur aja, kita sering ngerasa bertepuk sebelah tangan kala menjalin persahabatan. Gilirannya kita susah perlu dibantu, cuman sedikit bener-bener mau ngasih jalan insight. Kebany sih pura-pura nggak tau. Ato tau kita harusnya diberitahu, tapi malah diem aja sampe kita kejeblos lobang. Kalo ketemu aku? Wah, orangnya ketawa-ketiwi. Tipe-tipe begini bikin kita miris, mempertany makna persahabatan. Syukurlah, di antara sekian banyak orang mampir dalam hidupku, ada beberapa betul-betul jadi sahabatku, di kala susah di kala seneng.

Kita selalu teringat lagu ini: Di hidupku, ku ada sobat setia, snantiasa berjalan sertaku. Masa gelap, dibuat-Nya terang ceria, itulah Yesus Juruslamatku. Ku tak cemas kan jalan naik turun, lewat lembah gunung terjal. Sebab Tuhan berjalanlah di sampingku, memimpinku ke Negri kekal.

A friend in need is a friend indeed.

No comments:

Post a Comment

Search This Blog