Friday, August 22, 2008

Membantu Pak Sampah

Di beberapa kota marak munculnya ‘outlet’ rosok, artinya outlet itu menerima barang-barang udah nggak kepake lagi. Jika di jalan-jalan Yogya, mereka biasanya membawa rombong or keranjang besar di motornya. Di perumahanku ini banyak suka lewat begitu. Kadang-kadang ada bawa mesin cuci udah butuuuut bener.

Itu sih kategori pemulung berduit. Pemulung gak punya duit hanya modal tenaga juga banyak. Kadang- kadang mereka ini suka mengesalkan hati, apalgi jika sampe masuk ke halaman rumah, mengaduk-aduk sampah, lalu ngeloyor pergi begitu aja.

Sebenernya menjadi pemulung itu sedikit banyak berguna untuk mencegah global warming. Dengan adanya mereka, sampah-sampah plastik bisa diubah lagi menjadi barang bisa terpakai. Tapi jangan tanya kualitas barang kalo udah gitu.

Di rumah pun kita coba ngebantu pak sampah dengan memisahkan sampah kering sampah basah. Kalo lagi rajin botol-botol plastik bekas air mineral juga kita pisahkan di kantong sendiri, supaya nggak kecampur di satu tong sampah dengan sampah basah mengeluarkan aroma tak sedap. Menurut informanku, kemasan karton minuman itu juga masih laku. Jadi kalo abis minum susu Ultra or teh kotak, kita masukkan di tempat sampah kering. Selaen itu kaleng susu, kaleng biskuit, botol UC, semua masuk tempat sampah kering.

Terus, kita nggak gampang buang kertas, karena untuk bikin kertas itu orang harus nebang pohon. Makanya kertas kita pisahin sendiri. Ada kalanya kita misahin kertas warna ama putih, karena ternyata fungsinya berbeda kalo udah masuk ke tempat rosok.

Bagian dunia ini terpinggirkan, tapi sebenarnya memperpanjang umur bumi. Buat ibu-ibu kayak kita gini, paling nggak bisa memudahkan kerja pak sampah ngajarin anak supaya mraktekkin cara mencegah global warming, nggak cuman dijadiin omongan doang.

No comments:

Post a Comment

Search This Blog