Thursday, August 28, 2008

Membias Anak

Konon, toilet training bisa mempengaruhi pola hidup anak selanjutnya. Itu sebabnya, anak masih ngompol sampe usia SD mungkin kurang mandiri. Jadi, toilet training itu penting dilakukan oleh orangtua. Kehadiran pampers memudahkan orangtua, disinyalir banyak pihak sebagai salah satu penyebab kegagalan toilet training. Anak dibias tidak peka dengan tubuhnya menuntut pembuangan, orangtua or pendamping jadi tidak peka melihat gelagat anak. Tapi, ada juga efek fisik lainnya, yaitu kaki membuka ketika berjalan, karena setiap hari kena pampers.

Kalo Jessie, oke sejak 7 bulan. Pertama sih susah ngerti waktunya dia pipis pas malem, jadi beberapa kali kecele kala menggendongnya pipis malam. Mumpung masih available digendong, gendong terus sampe tau pasti kapan waktunya pee malam. Lama-lama, kala dia udah bisa jalan, bangun sendiri kalo mau pee, ke pispotnya.

Nah, makin gedhe, makin susah ngajarin dia rutinitas pagi. Mungkin kita cuman ngomong, “Jess, mau pup nggak?” Ya iyalah, jawabannya pasti nggak. Dan, karena dia sudah besar di mataku, kita jadi kurang termotivasi membujuknya pup. Pikirku, kan dia udah tau sendiri. Lalu kita tersengat kala ngobs sama misua. Katanya gini, “Lhah, anak itu kan perlu dikasih tahu berulang-ulang. Coba bandingin ama pola belajarnya. Jessie itu sama mami kan kayak lumba-lumba. Satu jalan ke sini, laen ikut.” Jadi, kita nyoba lagi pelan-pelan memotivasi dia supaya pup. Kadang-kadang kalo lagi rajin, kita dia sama-sama baca tentang tubuh manusia. Kadang- kadang dia ngeh kenapa harus pup kalo pagi. Tapi ada juga dia ngotot nggak mau pup.

Jadi kita mulai ngeliatin pola sarapannya, akhir-akhir ini kita minta dia minum susu. Kira-kira 20 menit sebelum pk 06.00, kita minta dia ‘nongkrong’. Mungkin sambil baca. Baru deh, kebiasaan itu tertanam. Ada kalanya dia complain juga, koq nggak mau pup tetep disuruh nongkrong. Tapi an order is an order, buktinya ususnya langsung terkondisi dia bisa pup. Nggak keba kalo pupnya cuman kadang-kadang, berarti anakku bawa-bawa ampas di dalam badannya.

Jadi membiasakan, pembiasaan sampai jadi kebiasaan kali menjadi pola sip buat mendidik Jessie. Kalo suatu kala dia keluar kota tanpa aku, kan rutinitasnya menjadi pengingat. Kita aja musti tetep rajin membias anak untuk melakukan hal-hal berguna. musti kita akui kalo itu sulit, he…he…he…

No comments:

Post a Comment

Search This Blog