Tuesday, March 17, 2009

Last Visit

7 Maret lalu menjadi tanggal bersejarah bagiku, soalnya inilah kali pertama kita bertekad nyetir sendiri sampai ke Kediri. Perjalanan terjauh pernah kita tempuh sebelumnya kala nengok mahasiswa pra stage di Purwodadi Grobogan.

Berbekalkan pengalaman ke sana, aujudubillah mengagumkannya, kami berani ke Kediri. Cuman kita bilang sama Mama kalo kami bertiga naek kereta, nanti dari Kertosono nyambung pake taksi ke Kediri. Lhah, kalo bilang beneran dari awal, ditelponin saban hari, ujung-ujungnya dilarang pergi. Sori ya Mom, kali ini diboongin, ha...ha...ha...

Yogya-Solo sih biasalah, karena itu perjalanan rutin. Di Solo kami m di bakso kalilarangan ada di jalan menuju timur. Mengingat lalu lintas cukup padat, kami betul-betul berdoa supaya sampai dengan selamat di Kediri. Selesai m siang, perjalanan diteruskan, dengan tekad berenti lagi kalo nyampe Caruban, di Sederhana.

Solo sampai selepas hutan jati perjalanan aman nyaman. Tapi, begitu terus ke daerah Caruban, buset deh tuh jalan! Aspalnya nggak rata, lobang dalem-dalem menyebar di ba jalan. Pernah sekali pas kita lagi lari dengan gigi 5, tiba-tiba ada lubang cukup dalam kita nggak bisa menghindarinya. Terpaksa deh nyebur ke lubang itu. Abis itu kedengeran bunyi tek..tek...tek..., begitu ada tempat minggir cukup luas kita berhenti. Misua turun liat bunyi apaan tuh. Nggak taunya bemper depan kiri rada mengsle, mungkin karena guncangan keras itu. Setelah itu kita nggak lagi lari kenceng-kenceng, bisa-bisa tinggal rangkanya aja kali begitu nyampe di Kediri.

Kala sampe di Caruban, perut masih terasa kenyang, jadi nggak berhenti lagi, tancap terus sampe ke Kediri. Keanehan terjadi kala mau keluar Nganjuk menuju Kediri. Kita kan biasa lewat jalan itu, bisa nyasar! Nggak tau gimana ceritanya, tau-tau kami ada di jalan desa. Udah diaspal halus sih jalannya, cuman kan serem karena hari mulai gelap. Kayak orang diputer-puter. Akhirnya keluar juga ke jalan utama.

Lega banget kala liat gerbang "Selamat Datang di Kediri". Yogya-Kediri 7 jam, lama juga. Papkita sampe bingung kala tau kita bawa si Mumun ke Kediri. Masa tinggal 20 taon di Kediri, sering bolak-balik, nggak pernah sekali pun nyetir sampe sini. Bukan Mariani deh, kalo begituan gak dicoba!

Jessie tidur sepanjang jalan setelah dari Solo. Dia baru bangun kala mau keluar dari Nganjuk. Kali enak karena rasanya sama dengan setiran sehari-hari diketahuinya. Sempet ngeper juga kita kala Jessie takut ke Kediri disetirin maminya. Dia takut terjadi tabrakan. Entah kenapa dua hari menjelang keberangkatan, hatinya jadi gembira lagi membayangkan big adventure to Kediri.

Jadilah ini perjalanan ahir ke timur. Entah kapan lagi bisa ke timur hanya untuk berlibur.

No comments:

Post a Comment

Search This Blog