Tuesday, May 29, 2012

Buah Siwalan

Tadi kala lagi ngerundingin mau ke mana, tiba-tiba misua ngelihat buah siwalan di pinggir jalan Magelang, dekat Indo Grosir. Langsung deh kami bertekad membawanya pulang.

Buah ini jarang sekali ada di Yogya. Jika penjualnya ditanya mesti dijawab bahwa datengnya dari Tuban. Kita sih taunya buah ini banyak bertebaran di Semarang, mungkin karena deket pantai ya?

Nah, awal kita senang dengan buah ini itu dari masa kecil di Kupang. Kami sering piknik ke pantai. Zaman 70-an ke mana lagi menghabiskan hari Minggu jika bukan ke pantai? Di sana kita sering dibelikan buah itu sama papa. Kadang-kadang sama air tuaknya.

Semasa pulang ke Kediri pas mahasiswa kami jalan-jalan ke Surabaya, jika ada siwalan ini, pasti deh berhenti minum juga tuaknya.

Di Yogya memang jarang, tapi sore tadi buah itu muncul segerobak. Langsung deh beli. Misua kupasin buat kami. Airnya dimasukkan ke kulkas diminum dingin-dingin. Kalo nggak salah sih buah ini masih kerabat dekat kelapa. Buahnya kecil, di dalamnya ada lembaga buah. Nah, lembaga ini harus dikupas pelan-pelan untuk dilepaskan dari kulitnya. Rupanya bening kenyal. Jika digigit, keluarlah airnya terasa segar di mulut manis. Nggak pernah bosen kita kalo ketemu buah ini. Hmmm....

No comments:

Post a Comment

Search This Blog