Tuesday, April 8, 2008

Celengan


Makin lama nabung di bank makin mustahil deh. Batas minimalnya tabungannya Rp 50.000. Kapan dapet duit segitu banyak buat ditabung? Perasaan kalo ada duit segitu di tangan, langsung ngalir deh. Bayar ini itu, beli air minum galonan, tau-tau ludes deh.


Pengalamanku sedikit banyak kayak gitu setiap arinya. Rasanya pengen menggenggam uang supaya bisa ditabung, cuman namanya keperluan tuh bisa muncul kapan aja, he…he…he…! Terus karena keinginan seperti itu, kita beli dua celengan biar bisa tetep nabung. Itung-itung sekalian ngajarin anak untuk berhemat.


Dari pengalaman nukerin uang receh sebelum ini, ribet rasanya misahin seratusan temen-temennya. Makanya kita beli dua celengan. Satu buat receh seratusan temen-temen, satu lagi (warna biru) khusus buat receh lima ratusan.


Entah ada angina apa, tiba-tiba suatu siang Jessie melukis celengan kubeli itu. Kita juga nggak tau dia pake cet apa, tau-tau dia manjat kursi ambil piloxnya (mungkin pilox ini untuk dia kalo abis lomba gambar ato lomba mewarnai). Kita hanya dengar bunyi pilox sret…sret…sret.., tararam…………..jadi deh celengan kayak gini. Gak apa-apa deh, satu tegel lantai kena pilox, penting kreativitasnya celengannya jadi cantik.


Jadi tambah semanget ngisinya. Pernah suatu kali ada begitu banyak uang receh sampe dibantuin Jessie buat masukin semuanya ke celengan.


Ini cara kuno, tapi cukup efektif untuk menahan laju mengalirnya uang. Kalo batas minimal menabung suatu kali nanti semakin tinggi, celengan inilah tepat untuk nabung. Mungkin perlu celengan buat lembar seribuan kali yak? Biar gak ngalir ke tukang parkir terus….! Terus, kita sengaja beli celengan tanah liat buatan model jadul supaya nggak bisa diambil selaennya udah penuh. Kalo bawahnya bisa dibuka-buka, sama aja boong, pasti kalo kepepet kita buka juga, ha…ha…ha….


Bang bing bung, bung, ayo menabung!

No comments:

Post a Comment

Search This Blog