Monday, April 28, 2008

Zaman Susah

Beneran deh, sekarang ini Indonesia menuju zaman susah. Petinggi- petinggi bisanya ngomong doang, janji sana janji sini tetapi praktisi lapangan teteup aja miskin. Koq bisa di Negara gemah ripah loh jinawi petani- petani kita malah jadi buruh? Padahal harga beras kita beli di pasar ato di mana-mana udah nyekek leher saking mahalnya. Itu baru beras. Jangan-jangan masyarakat akhirnya lebih memilih masak indomie lebih ‘murah’ tinimbang beli beras? Ato kayak zaman nenekku dulu, masak beras tapi airnya dibanyakin supaya jadi lebih banyak walaupun cuer.

Terus, sebagai ibu rumah tangga kita juga bingung mencukupkan segalanya selamat sampai akhir bulan. Sering sekali kita merasa uang itu seperti air, mengalir ke luar tanpa bisa dicegah. Udah sampe pake dicatet tapi teteup aja ada nggak kecatet. Dengan aktivitas seabrek, susah juga nyatet dibeli itu apa aja.

Belon lagi bensin. Ngeri deh. Jangan-jangan seluruh daerah nanti beli bensinnya ngantri, kayak zaman Yogya gempa beberapa taon lalu. Kadang-kadang mikir buat beli sepeda aja. Jadi, kalo suatu kali nggak bisa beli bensin ato pom bensin keabisan jatah, kita masih bisa tetep mobile dengan sepeda.

Choice ahir ya…. semua les anak diberhentikan. Ini kita nggak pengen, karena bakatnya mulai nampak di beberapa bidang. Itu jalan paling buntu deh, mudah-mudahan nggak usah sampe ke sana.

Mungkin aja kita nggak sendirian. Banyak ibu-ibu di seluruh tanah air bangun pagi dengan kepala pusing mikirin hari ini. Jadi inget sama seorang ibu, istri petani, di tempat kita KKN dulu di Prembun. Kala kami lelah memanjat tebing menuju sawahnya cuma sepetak, dia berujar begini sama aku, “Nanti….., kalo nak Mariani sudah jadi pejabat, ingat kami di sini hidup susah pas-pasan. Jadi nanti menjadi pejabat memperhatikan rakyat.” Kala itu sih kita belum ngeh, lhah pikirannya masih gimana meluluskan diri. Sekarang, ucapan ibu itu terngiang-ngiang kembali.

“Berikanlah kami pada hari ini makanan kami secukupnya…”

No comments:

Post a Comment

Search This Blog