Saturday, April 19, 2008

Pengemis Anak

Malem minggu ini kami keluar makan, soalnya tadi siang nggak ada kesempatan beli lauk untuk m malam. Mungkin malam Minggu kami di rumah, soalnya ada acara extravaganza jadi kegemaran Jessie.


Jadi, ujan-ujan kami m di emperan Mangkubumi samping toko kertas Champion. Di situ ada tukang ayam goreng dilengkapi dengan kol goreng. Hmmm…, yummy, kayak ayam goreng di Gang Semar Bandung. Tapi malam ini sih kami gak m kol goreng, ganti sama sayur asem.


Lagi m tiba-tiba ada sesuatu bergerak di samping kursinya Khun. Sampe kaget. Nggak taunya itu seorang anak kecil jongkok di samping tiang. Sekali- sekali kepalanya nongol terus ngeliatin kami makan. Tapi, kalo matanya bersirobokan dengan mata kami, langsung deh kepalanya mendelep lagi, ngumpet di balik tiang. Anak ini nggak menadahkan tangan sambil merengek- rengek mengemis. Dia hanya diam, hanya matanya berbicara banyak tentang rasa kepengennya untuk makan. Ditanyain udah m apa belon, malah ngumpet. Ya udah deh, kami m sambil pura-pura nggak tau kalo ada anak kecil diam- diam memerhatikan kami.


Terus terang kita langsung teringat kisah Lazarus di Alkitab. Tiba- tiba misukita nyeletuk, “Memberi nggak bikin bangkrut pelit belon tentu bikin kaya.” Jadi deh otak perasaanku langsung konek. Begitu selesai makan, kami langsung merancang menu buat si anak kecil itu. Jadi dia dipesenin nasi sama rempelo ati. Sebenernya kita agak khawatir dia nggak mau terima, karena pernah kita bagi-bagi nasi bungkus dalam suatu aksi social, pemberianku malah ditolak. Jadi, kita minta tolong sama jual supaya mereka memberikan ke si anak.


Kala kami pulang, nasi bungkus itu diberikan ke si anak. Lalu dia memerhatikan kami naik mobil sambil memangku nasi bungkusnya. Pelan-pelan dia menyantapnya. Ngenes deh ngeliatnya. Malam ini anak kami mendapat pelajaran nyata dengan melihat kenyataan menyedihkan seperti itu. Mudah-mudahan apa dilihatnya ini membuatnya lebih menghargai setiap menu dimilikinya. Kita sendiri juga belajar banyak tentang penderitaan bangsa ini. Misukita malah udah duluan terketuk melihat keadaan makin lama makin susah ini. Blognya udah kayak perpanjangan beritanya Kompas aja.


“Itulah Indonesia,” seperti selalu dinyanyikan temanku jika melihat kondisi menyedihkan di tanah air.

No comments:

Post a Comment

Search This Blog