Thursday, May 8, 2008

A Tribute to Polres Sleman

Minggu lalu kita memberanikan diri nuntasin urusan SIM misua. Rasanya ngeganjel ati banget urusan begini gak beres- beres. kita paling susah kalo liat ada orang nyetir tanpa SIM.

Begitulah, kita maju ke Poltabes, lalu ketemu guru sekolah minggunya Jessie rupanya bertugas di sana. Kita diarahkan untuk mencabut berkas dari Sleman. Dari sana kita ke Sleman bujubune…..jauhnya! Tenang- tenang aja kita ke tempat fotokopi. Di instansi begini, tempat fotokopi bisa jadi tempat informasi gretongan, daripada nanya calo ato pak polisi lewat?

Jalan menuju loket dimaksud crowded banget. Di mana-mana ada tulisan besar intinya HINDARI CALO. Waah…, kita sedikit berbesar hati karena maju sendiri. Di loket ditunjukin tukang fotokopi kita diminta menuju bagian arsip. Di sini kita bergurau sama Pak Polisinya. Untungnya semua arsip lengkap, sampe- sampe C1 aja kita bawa, ha…ha…ha…, padahal gak perlu deh begitu-begituan. Kita jaga-jaga aja kalo ditanya hubunganku sama punya SIM. Salah-salah kita dikira calo elite lagi, ciee…

“Pak, aslinya diminta, nanti nggak jelas,” begitu kita dengar salah seorang klerk mengarahkan pak polisi nerima berkasku.

“Nggak usah. Ini udah jelas koq fotokopinya. Bapak Ang Tek Khun kan bu?”

Tunggu punya tunggu, jarum jam mendekati pk 11.00. Begitu 10.45 kita maju lagi ke bapak tadi menany sudah sampai mana berkasnya. “Wah, masih antri di belakang, Bu,” begitu jawabnya.

“Ya udah Pak, nggak apa-apa. Saya tinggal dulu, mau jemput anak saya”

“O boleh, tapi sampai di sini lagi jangan lebih dari pk 14.00 ya.”

Tadinya kita mau ngasih tip ama tuh bapak, biar dicepetin. Entah kenapa nuraniku melarangnya. Lebih baik jalur biasa, kecuali kalo diminta lebih ya kita kasih.

Siang hari setelah kita Jessie m siang, dia udah m obat, kita ke Sleman lagi. Udah sepi, ampir- ampir nggak ada orang. Langsung masuk ke bagian arsip.

“Lhoh, ibu tunggu dari tadi?”

“Nggak pak, saya pulang dulu urus anak, baru ke sini lagi.”

Berkas udah jadi, “Pinten pak, biayanya?”


“Rp **.***,” kata si bapak (rahasia dong ya. penasaran bisa Tanya langsung ke aku, pokoknya terjangkau deh, ha…ha…ha…)

Langsung kita bayar. Ternyataaa…., bukan jumlah diminta kita berikan, malah kelebihan banyak. Karena pak polisi mengembalikan lembaran Rp 100.000 kita kira Rp 10.000!

“Wah, terma kasih lho Pak. Rupanya hampir sama sih Pak,” katkita tersipu- sipu. Keba nggak Mariani tersipu-sipu? Ha…ha…ha…

“Jangan- jangan Ibu ngetes kami, jujur apa nggak..,” kata pak polisi satunya lagi.

“Wah ya nggak lah pak, kan polisi pasti jujurnya. Nggih sampun pak, matur nuwun, pareng…pareng…”


Begitulah pengalaman di Polres Sleman. Bener-bener pengalaman menyenangkan, bukan saja karena duit terselamatkan tapi karena semua lancer sesuai prosedur, sip!

No comments:

Post a Comment

Search This Blog