Sunday, May 11, 2008

Finishing Touch

namanya finishing touch kayaknya nggak pernah nggak penting. Coba aja liat orang- orang suka dandan, finishing touchnya penting banget: bikin efek idung keliatan tambah mancung, mata tambah belo or pipi supaya keliatan sumringah.


Bikin rumah juga gitu, finishing touch nya lama. Milih keramik, milih efek sinar lampu, milih detail, nentuin stop kontak sambungan telepon, milih warna cat di tiap ruangan, dll. Keinget kala finishing touch rumah ini juga ribet banget. Untung dibantuin Alm Mas Janni, kalo nggak bisa kocar- kacir deh.


Nah, lagi kita kerjain sekarang finishing touch buku. Ini buku pertamkita dikerj bareng- bareng ama dara manis dari Jawa Timur. Kita kenalan lewat dunia maya. Tapi, namanya Mariani…, begitu tau nomor teleponnya, langsung dikontak deh. Kita bisa tau orangnya bae apa nggak lewat suaranya caranya bertutur kata, soalnya. Nggak betah sih kalo cuman kenalan di net terus selamanya nggak pernah omong-omong. Kurang sentuhan manusiawi, gitu. Singkat kata kita puas kolaborasi ama dia.


Nah, bikin kita pusing di finishing touchnya adalah kala mau bikin ‘tentang penulis’. Nggak boleh panjang-panjang harus jelas. Mau nulis apa tentang diriku sendiri cocok dengan keseluruhan isi buku, soalnya kita kan belon punya catatan rekor menulis buku. Kan laen ceritanya kalo misalnya kita udah nulis sekian puluh buku lalu tiap bulan ngeluarin satu buku? Kita sih masih jauh deh dari itu. Akhirnya setelah kita pikir timbang sana timbang sini, jadilah satu paragraf singkat. Selaen itu juga masih ada perbaikan di sana sini, khususnya tentang kata-kata mutiara kita gunakan. Singkat kata, kelimpungan dikejar deadline. Tapi syukurlah udah beres.


Jadi, finishing touch musti bener-bener dikerj dengan serius, kalo perlu dua rius. Kalo nggak, nyeselnya bisa berkepanjangan.

No comments:

Post a Comment

Search This Blog