Monday, May 19, 2008

Jadi Gampang

Mula-mula ngeblog sih karena ikut-ikutan misua. Keliatannya koq asyik punya temen dari berbagai penjuru dunia. Pertama-tama ngeblog juga temen-temennya ya temen-temen misua, ada satu dua terus berhubungan sampai sekarang, after three years. Lama- lama kita tau kalo ada temen-temen lama setia memantau blogku.

Masalah di kita itu: gaptek tapi banyak maunya, he…he…he…! Biasa harus ‘kan? Wah, tambah parah. Jadi, kita kepengen blogku sedikit punya sentuhan agak laen lah, daripada standar. Pertama kali diubah sama Dewi IT, ini salah satu blogger blognya pernah dibukukan. Terus bosan kepincut sama blognya Shierly di Belanda, ada jatuh turun terus ada lagunya. Mau bikin kayak gitu tapi juga susah, kita gaptek itu tadi, ha…ha…ha…! Lalu kita ditolongin Yenny, blogger juga jadilah bentuk sekarang ini.

Hanya…., karena banyak maunya kita jadi iseng-iseng baca buku-buku tentang blog. Salah satunya ditulis Agus Hery Prasetyo, Meraup Dollar lewat Blog. Bukannya mentingin dollarnya sih, tapi cara dia menulis itu sungguh jelas. Paparan di buku ini sangat dapat dimengerti buat orang-orang awam teknologi kompie kayak kita gini. Tampilan layar kompie agak njlimet dibikin bewarna, jadi kita jelas ngebacanya. Belon lagi pilihan hurufnya nggak bikin mata sakit, jadi enak bacanya. Maklum, orang berkacamata itu diliat pertama itu bentuk hurufnya, kalo oke baru bisa baca dengan tenang.


Kalo kita baca-baca seluruh isi bukunya sih, kita yakin koq apa diuraikan dituntun dalam buku ini bisa kita kerjakan, pasti berhasil. Bukan cuman how to ini itu, tapi sang penulis juga tahu ‘membaca’ keraguan hati sang pemilik blog. Baca deh di halaman 53, “… Namun hikmah dari kegiatan ini tentunya adalah kepedulian pemilik blog konten lebih aware dengan pengunjungnya. Jelas tak bertentangan dengan motivasi memiliki blog, ‘kan?” Weh…weh…., ini baru namanya penulis, walaupun bukunya mengusung tema duit tapi bahasannya gak melulu soal duit!


Efek samping baca buku ini, kita gaptek jadi tau tuh ngutak- ngatik blog. Bisa ganti kalender sendiri, bisa bikin shoutbox untuk blognya Jessie, bisa milih-milih counter buat blognya Jessie, dll.nya. Namanya coba-coba, pasti pernah terjadi accident, misalnya kala ngutak-ngatik blognya Jessie, template lama hilang. Jadi tampilannya seperti sekarang ini deh.

Berkat buku ini, ngutak- ngatik blog jadi gampang. Kalo kita buta teknologi aja bisa ngerasain manfaat buku ini, apalagi mereka udah rada-rada cinta ama teknologi kompie, pasti buku ini semakin memperkaya khasanah.

Buat saat-saat ini kita belum pasang adsense di blogku. Itu perlu pemikiran rada milosofian, tapi at least kita udah punya buku bisa kujadikan self help. Jadi gampang deh.

No comments:

Post a Comment

Search This Blog