Friday, September 12, 2008

Exploring Bantul

Tadinya cuman mau ganti lampu rem belakang kiri mati. Terus kepikir nyari dop Suzuki di pasar klithikan alias pasar loak. Jadi deh, si Mumun ditinggal di bengkel, terus kita sama Pak Geng ke Kuncen. Wah, itu sih pasar loak gedhe, mau cari apa juga ada, dari ring secher sampe sepatu bot besi. Dari ban plastic sepeda anak-anak sampe bor listrik second. Meriahnya, banyak juga jual kaset-kaset tempo dulu. Jadi liat-liat ditemenin lagu dangdut jadul. Namanya juga pasar rakyat, harga rakyat, suasana rakyat merakyat, he…he…he…

Kita pikir langsung pulang abis dari situ. Ternyata kita diajak jalan ke sekiatr pabrik gula Madukismo. Kata Pak Geng sih masuk tv Koran. Limbah pabrik gula itu ternyata menyembuhkan berbagai penyakit. Antara lain encok stroke. Setiap malam orang berendam di sana, jadi macet. Kita penasaran juga. Kapan lagi liat fenomena begini kalo nggak sama menguasai kabupaten Bantul. Jadilah kami ke sana. Bayanganku limbah itu dikumpulkan di sebuah kolam or bendungan, he…he…he…, bayangan amdalnya ketinggian nih. Ternyata dialirkan ke parit-parit kecil di kanan kirinya ada sawah. Udara menguarkan wangi tebu telah dimasak. Bener lho, air di parit mengalir deras itu panas banget, sampe keliatan asepnya. Siang panasnya kayak gitu aja, banyak orang berendam, nyeburin kaki rame-rame or merendam tangannya. Kita nggak berani suruh ngerendem kaki, ngeliat aja udah cukup. Takut melepuh, malah gawat nantinya.

Dari madukismo, kami maju sedikit lagi masuk ke desa Kasongan. Orang banyak mengenal desa ini sebagai sentra gerabah, tapi di sini ada warung lele terkenal. Jadi kami mampir ke sana. Jalanannya kecil berbatu-batu, warungnya juga warung desa banget. Bangunannya masih dari papan disambung-sambung lantai tanah. Tapi, masuk ke situ itu rasanya dingiiin banget. Soalnya kita dari jalanan hangar binger panas.

Menunya sederhana khas desa pedalaman. Masaknya masih pake kayu bakar. namanya pecel lele, ya pake pecel beneran. Jadi bukan nasi, sambel, lalapan terus lele goreng, tapi pecel sayur, bihun goreng ala pedesaan ketara sekali rasa mericanya, nasi, lele goring or mangut lele. Mangut lele itu lele goreng disiram kuah kuning. Sepintas kuahnya mirip kare, tapi rasanya dominant kunyit. Serasa KKN lagi, makanannya juga begini, ditambah kol masak santan. enak itu the angetnya! Kentel, manisnya sedang ada campuran sepet-sepetnya. Kita sampe abis dua gelas.

Pulangnya kita bawain pecel sayurnya sama tempe penguk buat misua. Dia kan penggemar pecel, sekali-sekali nyoba pecel ndesa.

Pulang dari sana ngelewatin rumahnya Djoko Pekik, pelukis Yogya sukanya melukis celeng itu. Wah, rumahnya rimbun tanaman. Kalo kita pernah baca di media sih, ada pohon besar di dalam rumahnya, nggak ditebang tapi dilobangin. Kali kayak rumahnya Winnie the Pooh ya? Hebring…hebring….! Perubahan besar dalam hidupnya terjadi karena dia mengeksplorasi bakatnya!

Keluar dari desa Kasongan, kami melewati makam trah Ki Ageng Serangan. Makam itu luas sekali dibangun indah. Lalu ada jalan menuju pemakaman Gunung Sempu 1, 2 3.

Abis dari sana, di jalan menuju Tamansari, ada sebuah rumah kecil tingkat. Rumah itu milik eksportir craft kulit. Alkisah dia dulu tukang becak banyak mengantar-antar turis mencari handicraft. Dari pengamatannya, lalu dia coba-coba buat juga. Lalu masuk binaan sub departemen bagian kulit. Akhirnya jadi eksportir deh. Sekali lagi, eksplorasi diri.

Udah mau sampe bengkel lagi, ditunjukin toko cemilan. Itu juga bermula dari kul cemilan pake motor dengan dua rombong. Lama-lama sewa kios kecil, akhirnya punya toko besar sekali di Jl. Bantul, khusus jual cemilan kiloan. Wah…wah…wah…, kita jadi semanget nih denger kisah-kisah keuletan begini. Bantul ternyata menyimpan banyak mutiara penduduk berjuang dari berbagai segi, agar memiliki hidup lebih bernas.

No comments:

Post a Comment

Search This Blog