Tuesday, September 9, 2008

Karena Ngobrol

Pas lagi di jalan ke tukang sablon, ada telpon aku. Untunglah ada fasilitas loudspeaker di hp, jadi sambil nyetir ngobrol sana-sini. Nah, ini nih untungnya ngobrol. Tiba-tiba dia nanya, “Kaos kita pake sama temen kita pake itu koq jadi kaosnya tukang parkir OB di sekolahan? Itu kamu bikin kan? Temen kita bilang koq warna kaos kita dikasihin sama mereka.” Kita kaget, karena nggak pernah sekolahan bikin kaos sama aku.

Langsung kita jelasin baru deh terbuka jelas diketahui siapa bikin tuh kaos. Pada prinsipnya kita ini bukan orang bisnis, mungkin gampang sekali berkilah supaya dagangannya laku. Kalo kita sampe terjun di bisnis ini berarti memang itu jalan darurat supaya asap dapur tetep ngebul.

Ada beberapa prinsip kita pegang erat-erat: memperhatikan pelanggan, menjalin komunikasi terbuka, bertanggung jawab, jujur memperhatikan kepentingan pasar.

Memperhatikan pelanggan itu berarti nggak kita bertindak menyebabkan pelanggan malu. Misalnya disainnya disam dengan disain warna kaos pak sampah ato pak bon. Memang sih, pasar bebas. Kalo baju kita pake bagus, orang laen kan pasti mau niru. Kita sih cuma menjaga tenggang rasa aja, jadi jangan nawarin disain warna ke lintas kalangan, apalagi warna spesifik, bukan warna-warna umum primer.

Menjalin komunikasi terbuka artinya kalo ada pesen sama aku, hotline di hp jalan terus, perubahan ini it uterus diantisipasi. Kita juga berharap ada keterbukaan kalo hasil kerjkita kurang oke.

Bertanggung jawab itu artinya, kalo sampe warna kaos or spec kaos lain dari sudah disepakati, kita menggantinya. Termasuk kalo ada border or sablon rusak.

Jujur itu yah is jujur. Nggak bakalan ukuran kaos dicolong barang sesenti dua supaya kita bisa dapet lebihan bahan banyak. Terus, kita punya prinsip kalo kita nggak bisa, lebih bae ngkita aja, daripada karena mau untung malah ngerusak hubungan dengan teman. Pernah nih kita sepi order, terus nawarin ke salah satu kawan. Disain kaosnya bagus, tapi dari sekian tukang sablon kita hubungi, nggak ada mau ngerjain. Langsung kita tulis permintaan maaf kalo pesanannya nggak bisa kita terima. Naif sih, tapi daripada salah?

Memperhatikan kepentingan pasar itu artinya kita nggak mau ngejatuhin harga semata-mata supaya orang pesan sama aku. Ada di sini suka begitu, kita juga pernah kehilangan pelanggan karena dia, tapi kita tenang-tenang aja. Tau-tau mantan pelangganku balik ke kita karena kaos dipesan dengan harga lebih murah itu ternyata kualitas kaonya buruk sekali. Dia mau pesan sama kita lagi dengan harga sama murahnya ke kompetitorku, terpaksalah kita tolak. Mungkin karena ditekan harus murah, semua spec dikurangi, hasilnya udah bisa ketebak. Kalo aku, nggak mau kayak gitu, soalnya ini lifetime butuh kepercayaan orang laen.

Begitulah, bisnis emang musti kuat iman, kalo nggak sama aja sama laen, nggak tau kenal nilai-nilai kekekalan. Kalo bisnis malah nyelakain orang laen, yah itu sih biasa. Bisnis itu kalo bisa jadi berkat buat orang laen, itu baru sip!

No comments:

Post a Comment

Search This Blog