Tuesday, November 11, 2008

Derai Tawa Pagi

Pagi tadi Jessie belajar soal PKN alias Pendidikan Kewargaan Negara. Memang pelajaran begini nih abstrak buat anak seusia dia. Orang tua aja susah kali kalo disuruh mendefinisikan norma, aturan, tetek bengeknya.


Setelah bahan selesai dibaca, kita nebakin sumber dari peraturan-peraturan ada di masyarakat. Susah juga nyari kata menggambarkan bahwa maksudnya itu sumber. Pikir punya pikir kita bertanyalah begini, “Jes, norma peraturan itu sumbernya dari kitab mana?”


Mulai….dahinya berkerut-kerut. Nggak berapa lama keluar jawabannya, “Kitab Sutasoma, Mam!”


Kita terkaget-kaget, koq bisa itu jawabannya, padahal itu materi bahasa Jawa. Oalah… nggak tahan deh aku, ngakak sampai keluar airmata.


Kesian deh anakku ini, masak sampe kecampur aduk begitu. Kitab Undang-undang jadi kitab Sutasoma. Jessienya juga kaget lalu pagi itu pecah dengan derail tawa kami.


Kali kalo nerima terlalu banyak informasi bisa begitu ya? Mana nih jawabannya, keselip di mana nih teorinya, dst.nya. Perasaan zaman sekarang pelajaran jadi terlalu dini diberikan. Kayaknya kala kita sekolah dulu soal undang-undang baru muncul kelas 4 ato 5, koq sekarang udah diperkenalkan dari kelas 3, walopun cuman disebut “bersumber dari Undang-undang.” Nih kalo ibunya nggak baca Koran terus updet data zaman SD baheula dulu, bisa repot nih bakalannya.


Ternyata kita musti terus belajar ya? Kirain begitu anak masuk SD kita bisa santai-santai, setelah di KB TK berjuang memantapkan fondasi keilmuan Jessie. Eeh…, di SD belajar lagi menerjemahkan pengetahuannya kadang-kadang abstrak menjadi bahan mudah ditangkap pengertian kanak-kanaknya. Inilah sekolah kehidupan, belajar terus, tapi SPP nya berujud Koran sergala macem buku pelengkap!

No comments:

Post a Comment

Search This Blog