Saturday, November 29, 2008

Mendadak Olahraga

Beberapa kala lalu ada seorang temanku terhinggap gejala-gejala ‘melumpuhkan’ dia. Tiba-tiba aja badannya panas dingin, menggigil nggak karu-karuan. Lain kali pusing sampe nggak bisa bangun. Karena kondisi ba memprihatinkan, padahal kerjaan rumah juga menumpuk, langsung dia check up menyeluruh.

Hasil check up itu positif, artinya nggak ada kerus di organ-organ dalam vital bagi kelangsungan hidup. Ginjal ok, jantung ok, hepar ok, semua ok. Cuman dokternya mengat bahwa gejala-gejala dialami kawanku itu seperti gejala-gejala orang mau menopause. Dia kaget luar biasa karena usianya baru 37 tahun, mungkin menopause kan sekitar usia 50 tahun. Jadi, tubuh panas dingin itu pengaruh perubahan hormonal. Dokternya menyarankan dua hal yaitu olahraga jangan sering-sering jajan.

Nah, saran dokter itu suka juga kita langgar, terutama olahraga. Kayaknya udah nggak ada kala buat olahraga. Kala Jessie bayi sampai kira-kira dia umur 1,5 tahun kita masih bisa ngikutin program senam pagi-pagi di ANTV. Dari sejak tiu sampai sekarang, kadang-kadang aja kita renang. Selebihnya olahraga mulut, alias m n ngomel, ha….ha…ha…! Syukurlah, minggu lalu dibuka kelas tari untuk ibu-ibu. Kita langsung daftar, langsung seneng gembira. Jadi, abis kelasnya Jessie, kelasnya ibu-ibu.

Kayaknya gampang, enteng cuman gerak-gerak ikutin irama gamelan. Jebule angele pol! Menurut salah satu penari, menari justru olahraga lebih berat dari aerobic. Walopun gerakanku juga nggak serius-serius amat, tapi kagok banget disuruh berjalan mendhak. Lhah, mungkin jalan aja udah kayak orang lari, koq ini jalan harus kemayu, lenggak-lenggok. Alhasil isinya kelas itu banyak ketawanya, susah sih gerakannya. Tapi kalo kita pikir-pikir, mungkin bikin gerakanku jadi susah itu karena kita belum los. Tari itu kan dari jawa timuran, jadi gerakannya rancak banyak megal-megolnya. Nah, kita belon bisa tuh megal-megolnya, he….he…he…

Bener lho, keringetan sampe kaosku basah. Belon lagi, akrena kita udah lama nggak gerak badan, besoknya kakiku sakit buat jalan. Nyetir sambil nyengar-nyengir nahan sakit di paha. Tapi, udah terbuka satu jalan untuk olahraga.

Saran dokter kawanku kedua itu harus kita siasati lagi, karena masak tiap hari gitu bisa repot. Paling dalam seminggu kita masak sekali dulu. Baru lama-lama masak lebih sering. kita usah selalu ada tiap hari itu buah air kacang ijo. Pelan-pelan kita mau atur lagi waktunya.

No comments:

Post a Comment

Search This Blog