Wednesday, June 13, 2012

Eksplorasi Selatan Yogya

Kalo Yogya dipenuhin ama toko mall, suatu saat kita mencapai titik bosan seperti sekarang ini. Kayaknya kalo udah Jumat, puyen juga mikirin mau ke mana lagi. Perlu lah refreshing sedikit, tapi bosen ke mall or ke toko buku. Sehari-hari maenannya buku, masak jalan-jalan ngeliat buku lagi, yiekkk....

Akhirnya kita coba explore ke selatan Yogya. Daerah selatan barat Yogya ini lambat perkembangannya, karena relatif lebih panas dibanding utara timur Yogya. Kali juga karena di selatan barat jarang ada uni gedhe kayak UGM di utara or UPN Atma Jaya di timur. Padahal, kalo mau ditelisik, banyak juga daerah bagus, kerajinan imut or makanan enak di selatan. Bagian barat baru dijalani sedikit kala nyari kerajianan agel.

Di selatan ini ada pantai Parangtritis, tapi udah males ke sana karena nggak ada berubah sejak bertahun-tahun tinggal di sini. Ahir ke sana dua tahun lalu kala antar adik ipar jalan-jalan ke sini. Rumah makannya juga nggak match seleranya sama aku, padahal kata artikel di sebuah koran nasional, resto itu sangat kondang. Nggak matchnya ya masalah rasa kebersihan tempat, hiii...udah banyak nyamuk, gelap lagi!

Nah, cuma bulan-bulan ini kita sering ke rumah Tembi. Udah sering dengar baca nama itu, tapi baru match sekarang, sejak Jessie ikut workshop kolase di sana. Kira-kira akhir Agustus kita balik lagi ke sana, kali ini lengkap sama si Bapak. Berangkat siang-siang sekitar pk 14.00, sampai sana ngemil menikmati slendro pelog. Abis itu, Jessie berenang deh sepuasnya sampe pk 17.30. Lalu kami dinner di sana. Baru selesai pk 19.30-an.

Minggu lalu kita diajak pemilik bengkelku ke daerah Bantul, nyamperin pengrajin batik Bantul. Jika dari ajakannya, kayaknya tuh tempat deket. Nggak tahunya, blusak-blusuk, belak-belok, jauh juga. Tempat batik itu kecil, kira-kira seperempatnya Mirbat. Tapi jangan salah, isinya ciamik. Kita senang banget ketemu batik motif truntum tapi warna merah. Langsung deh kita beli 3 meter, buat kemejkita Jessie.

Hari Minggu kita samperin lagi tuh Bantul. Soalnya, kala pulang dari berburu batik itu kita liat ada plang restoran bunyinya es kopyor. Wah...jarang tuh di sini. Jadi, kami ke resto itu. Beneran deh, es kopyornya mak nyus gitu pas digigit. Se kita bisa denger bunyi kruis-krius kala kelapa dikunyah. Seperti bias, kita mesen tawar, gak pake campuran sirup, susu coklat or gula pasir. Wah, siang-siang minum es kopyor, bikin otak gak gampang kepyur, ha...ha...ha...! Sotonya juga enak, modelnya kayak soto kadipiro , bany sayurannya daripada babatnya, malah sehat seger.

Dari situ, kita masuk ek Kasongan. Bukan buat belanja, cuman mau nunjukin tempat m lele disukai banyak orang. Wah, tuh bilik udah dibangun sekarang. Pohon-pohon bambunya banyak ditebang, dibangun rumah. Lelenya ini digireng kering, terus dim dengan kuah santan kental di dalemnya ada kubis. Kalo kita sih pernah m kayak gini kala KKN, ampir setiap hari malah. Tapi, berhubung udah 40-an, santan terpaksa kita kurangin. Jadi, cukup tau aja warung lele di Kasongan.

Daripada balik lagi ke depan gerbang Kasongan, kita terusin aja jalannya. Tau-tau sampe di pemakaman Gunung Sempu. Kita ngelewatin makamnya Mas Janni, suaminya kongsiku, tapi gak berhenti. Terus.....akhirnya ngelewatin rumahnya Pak Joko Pekik, pernah dimuat di Kompas itu.

Wah, mengeksplorasi daerah Selatan, kayaknya nggak ada habisnya deh. Kapan-kapan eksplorasi ke barat ah...

No comments:

Post a Comment

Search This Blog