Saturday, June 16, 2012

Tahu Takwa

Beberapa hari lalu ada mengirim makanan. Begitu dibuka, ternyata itu mas rumahan kala misukita masih kecil. Tergolong mas orang totok, karena peran jarang memasak seperti ini.

Dia memasak tahu takwa dengan daging giling sapi. Kala kita tanya bumbunya, karena misua seneng sekali dengan mas ini, katanya gampang. Cuman bawang putih, bawang bombay, kecap manis, kecap asin saus tiram. Ternyata nggak jauh-jauh dari mas totok lainnya, asal ada bawang putih, beres semua.

Rupanya tahu takwa or tahu kuning itu digoreng dulu. Lalu bawang-bawangan itu ditumis semua dengan bumbu lainnya bersama dengan daging. Begitu dagingnya mateng, tahunya dimasukkan. Kecap baik-baik rasanya, jadi deh.

Koq tiba-tiba kita jadi keba tahu kuning sama sayur asin, bumbunya juga mirip-mirip itu, hanya ada menambahkan irisan cabe merah besar untuk memberi sedikit rasa pedas. Nah, tahu takwa sayur asin ini paling enak di warung Mriki, dekat Atma jaya. Tapi, itu sih zaman dulu banget deh. Pernah kita dengar warung itu pindah ke daerah Babarsari mendekati kampus baru Atmajaya. Tapi, dicari-cari gak pernah ketemu.

Kayaknya satu per satu makanan jadul muncul di sekitarku deh, ha...ha...ha...

No comments:

Post a Comment

Search This Blog