Saturday, June 2, 2012

Kuburan Blog

kita blog walking. Rasanya udah lama banget nggak blog walking, kayak masuk ke dunia jaduuul banget.

Sa sekali, banyak teman-teman dulu blognya rame pengunjung, sekarang menjadi sepi. Tanggal ahir upload tulisan ada enam bulan lalu, empat bulan lalu, hampir setahun, dll. Kali kalo di dunia beneran, rumah ini sudah kosong, di langit-langit rumah bersarang dengan nyaman si spider, jendela ada pecah, lantainya retak-retak, menguar bau apek dari dalam kamar mandi kulkas berisi sisa-sisa makanan. Belum lagi ilalang tumbuh di halaman begitu tingginya.

Kita memantau banyak kuburan blog sejak merambahnya situs jejaring fb digemari orang. Mungkin karena di sana sudah tersedia lengkap note, video, foto bisa digun semudah membalik telapak tangan. Lalu respon atas note juga lebih dinamis dibanding blog. Ketambahan note di fb itu dibaca oleh orang-orang adalah sahabat si pembuat note. Jika di blog kan susah mendeteksi siapa membaca, karena tidak ada keharusan meninggalkan jejak dengan mengisi buku tamu. Hanya, di blog itu punya kelebihan yaitu, blog terbuka luas, siapa aja boleh liat, dibanding dengan jejaring hanya untuk teman-teman.

Kita pribadi tetap mempertahankan menulis blog, karena siapa tahu pengalaman hidupku bisa berguna bagi tamu-tamu di blogku. Mungkin mereka baru pertama kali mengenal internet, sehingga tahu pertama yaitu blog, belum kenal dengan fb or lain. Mungkin juga mereka mau baca-baca lembar hidupku di tahun-tahun lalu dengan segala suka dukanya. Mungkin juga blogku ini mendorong tamu-tamuku berani mengungkapkan pikiran dengan bahasa tulisan. Kan banyak manfaat positif dengan menulis.

Kalo sekarang, malah kita memperluas pemakaian blog. Jadi bukan hanya untuk cerita sana cerita sini, tapi juga untuk membuka toko online. Mungkin karena sifatku cenderung menjaga kestabilan jadi dua-dua or tiga tiga bisa jalan. Mungkin juga itu sulit dilakukan orang lain.

Ke depannya mungkin pengelola blog harus lebih inovatif supaya bikinannya nggak ditinggalin orang kali ya? Memang dunia berubah senantiasa menuntut inovasi kreatif.

No comments:

Post a Comment

Search This Blog