Friday, June 27, 2008

Review Buku Mbok Keset

Kerajinanku meningkatkan kemampuan memasak sangat berkurang, dibandingkan kala Jessie masih bayi or sebelum punya anak. Mungkin karena sekarang makanan untuk Jessie lebih mudah didapatkan di luar rumah, mungkin juga kita sekarang udah males cuci-cuci setelah masak. Kadang-kadang cuci-cucinya malah lebih lama daripada masaknya.
Kemaren ini misua bawa pulang buku resep terbitannya. Terus terang, kita nggak antusias menyambutnya, karena itu buku resep gitu lhoh! Tau ndiri kan, walo pecinta buku tapi buku resep tuh masuk urutan bontot buat dibeli. Andalannya hanya home cook turun temurun aja.
Tapi, begitu lihat penulis fotonya, langsung kita rebut buku lagi dibuka-bukanya itu. Kenapa? Karena nulis buku itu adalah Martha E. Pratana, blogger temenku juga. Dia sih jago masak emang udah sering menang lomba, jadi bukunya pasti akurat, bukan model-model buku begituan. bikin kita tambah pengen ngebacanya adalah ternyata resep-resep dalam buku ini adalah warisan keluarga, tanpa sengaja ditemukannya di lemari almarhum ibunya. Ya begitu deh, ada bau-bau belande sedikit, itu kita paling suka.
Walaupun begitu, kita ragu-ragu membukanya. Tau kan kalo ibu-ibu kayak kita gini paling mumet disuruh baca resep contentnya tirik-tirik. Eh…., nggak taunya simple banget bok! Betul-betul cocok buat kita praktekin sama Jessie di liburan ini. Nah, bikin lidah kucing aja cuman 5 macem bahan harus disedi hampir semua bahannya ada di rumah, jadi tinggal make aja. Mudah nggak perlu ke luar rumah. Udah gitu, ada alternatifnya lagi, kalo orang udah mahir bikin kue mau bikin rasa baru. Masih ada lagi tip-tip praktis mungkin terluput kalo orang lagi bikin kue, kayak gimana kalo nggak ada kantong segitiga siap pake. Di buku ini diajarin bikin kantong kayak gitu.
Singkat kata, kalo mami pemalas kayak kita gini baca buku resep ini, yakin deh jadinya. Kalo soal gosong apa nggak udah ada juga tipnya, tapi kita sih suka rada-rada gosong dikit, itu baru josszzz!

No comments:

Post a Comment

Search This Blog