Monday, June 16, 2008

Yogya Tumplek Blek

Ini bukan temanya FKY lhoh, walopun persis ama judul pembukaan FKY. Ini bener-bener tumplek blek!

Ceritanya kita nganter tamu-tamu dari Surabaya berlibur di Yogya. Kami dapet kamar di Ibis Hotel. Skedulnya padat banget, sampe kita khawatir anak-anaknya baru umur 5 taon bisa sakit saking kecapean.

Kita mulai ngerasain Yogya tumplek blek itu kala kita keluar dari Ibis menuju GKI Ngupasan. Dari basement parkir sampe ke bibir Jl. Perwakilan aja butuh kala 20 menit, padahal jaraknya gak sampe deh 300m. Dari situ ke Ngupasan udah kayak semut jalannya. Di mana-mana orang memasuki Malioboro, gerombolan- gerombolan orang turun dari bus di lapangan parkir Abu Bakar Ali menuju Malioboro. Untung juga kita siap-siap 1 jam sebelum jam kita bina pra nikah, jadi kita masih sempet fotokopi bahan nggak terlambat.

Besokannya kita ikut rombongan tamuku napak tilas Borobudur. Untung juga nyewa Elf dari temanku, jadi kita bisa leha-leha di mobil. Kalo biasa nyopir, disopirin tuh rasanya enaaa…k banget bisa liat kanan kiri. Di Borobudur juga manusia tumpah ruah, di stupa paling atas udah kayak cendol, fuih! seneng pulangnya. Ada gajah bisa ditunggangin. Jadi anak-anak semua tamuku naek gajah, Rp 5.000 per orang. Kita misua nontonin aja mereka ayun-ayun dibawa gajah.

Abis dari Borobudur, m siang di Es Eny lanjut ke Magelang. Di sini kita ngajarin keponakanku maen dakon raksasa. Biji dakonnya aja dari batu hitam. Abis itu anak-anak berenang sampe pk 15.00. Dari sana ke Parangtritis. Kalo nyopir sendiri sih kita nggak mau deh, gile bolak-balik dari ujung ke ujung dunia. Mumpung ada sopir, tancap bleh! Berkali-kali kita nawarin alternative nggak usah ke Parangtritis supaya ada kala belanja ke Mirota Batik or Bakpia. Teteup aja kekeuh mau ke pantai. Alhasil nyampe di sana udah pk 17.30. Kita maksa mereka naik bendi supaya bisa liat pantai mumpung hari masih terang. Satu bendi Rp 20.000, lumayan kan, daripada jalan? Sama parkir mobil Rp 10.000, lengkap deh semuanya. Dari sana kita ke Bakpia Pathuk 75. Sepiii kala dating, lampunya surup, kesannya kayak bukan Bakpia terkenal. Begitu kami dating, datanglah 3 bus gedhe ke sana, bener-bener tumplek blek orang di toko sebenernya lumayan gedhe sih. Karena ketiban begitu banyak orang, jadinya sempit, senggol-senggolan, terkesan seperti rebutan Bakpia, ha…ha…ha…

Rute ahir menuju rumah m ikan Pari-pari di Monjali. Kita udah ngebayangin bakalan m enak, malah nggak bisa nikmatin makan. Rupanya pada mesen sendiri-sendiri, kita pikir pesen m untuk semua orang, soalnya kita ngurusin makannya pak sopir. Untung kita mesen cumi goreng tepung buat Jessie, itulah kami bagi bertiga. Nih namanya guide gigit jari, weks! Abis makan, menghabiskan uang sekitar 409.000, kami kembali ke hotel. Tadinya kita mau nyetik di Obong Steak, tapi udah kadung males. Pulang deh dengan ba remuk, hiks.

Begitulah hidup di kota turis, harus siap menerima tamu-tamu dengan hospitality tebal. Kan nggak setiap kali kita mood en sehat untuk nganter-nganter orang ke tempat udah ribuan kali kita datengin? Tapi, mereka mau ke Yogya kan karena da kenalannya juga. Jadi, setaon sekali lah kita apelin dikau, Borobudur-Parangtritis. Ciao!!!

No comments:

Post a Comment

Search This Blog